Monday, March 11, 2013

Pengertian Sekolah Standar Nasional

Pengertian Sekolah Standar Nasional - Berawal dari Permendiknas Nomor 15 Tahun 2010 tentang Sistem Pelayanan Minimal untuk menjamin tercapainya mutu pendidikan yang diselenggarakan di daerah maka Permendiknas ini diterbitkan. Standar Pelayanan Minimal merupakan tolak ukur kinerja pelayanan pendidikan dasar melalui jalur pendidikan formal yang diselenggarakan oleh daerah kabupaten / kota. Dalam Permendiknas No. 15 Tahun 2010 disebutkan bahwa:
1. SPM Pendidikan Dasar merupakan tolak ukur kinerja pelayanan pendidikan dasar melalui jalur pendidikan formal yang diselenggarakan daerah kabupaten / kota.
2. Pemerintah Pusat yaitu Menteri Pendidikan Nasional dan bertindak sebagai Menteri Teknis yang bertanggung jawab dalam pengelolaan sistem pendidikan nasional.
3. Daerah otonom merupakan kesatuan masyarakat hukum yang mempunyai batasan-batasan wilayah yang berwenang mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat menurut prakarsa sendiri berdasarkan aspirasi masyarakat dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia.
4. Pemerintah Daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintah oleh pemerintah daerah kabupaten / kota dan DPRD menurut asa otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia Tahun 1945.
5. Pemerintah Daerah yaitu Bupati atau Walikota dan perangkat daerah sebagai unsur penyelenggara pemerintah daerah.
6. Pengembangan kapasitas adalah upaya meningkatkan kemampuan sistem atau sarana dan prasarana kelembagaan, personil dan keuangan untuk melaksanakan fungsi-fungsi pemerintah dalam rangka mencapai tujuan pelayanan dasar (SPM) pendidikan secara efektif dan efisien dengan menggunakan prinsip-prinsip tata pemerintahan yang baik.
7. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah adalah rencana keuangan tahunan pemerintahan daerah yang dibahas dan disetujui bersama oleh pemerintah daerah dan DPRD serta ditetapkan dengan Peraturan Daerah.
8. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara adalah Rencana Keuangan tahunan pemerintahan yang disetujui oleh Dewan Perwakilan Rakyat.

Pengertian Sekolah Standar Nasional - berdasarkan uraian di atas bisa disimpulkan bahwa Sekolah Standar Nasional merupakan Sekolah dengan kriteria melebihi Standar Pelayanan Minimal dengan demikian Proses Pembelajaran yang ada di Sekolah Standar Nasional harus lebih bagus dari Sekolah dengan Pelayanan Minimal.

Demikian tentang Pengertian Sekolah Standar Nasional yang dapat saya sampaikan, semoga bisa dapat diambil yang bermanfaat. Terima Kasih...

0 comments:

Post a Comment

Demi Kemajuan Ilmu Pengetahuan tentang Sekolah Standar Nasional silahkan tinggalkan Komentar yang sifatnya membangun. Terima Kasih atas kunjungannya...