Friday, February 13, 2015

Download Installer Dan Updater Aplikasi Dapodikmen 2015 Versi 8.1.3

Sahabat Operator Sekolah Dapodikmen jenjang SMA/SMK di semester 2 (genap) tahun pelajaran 2014/2015 yang berbahagia….

Pada awal bulan Februari 2015 sudah dirilis versi aplikasi Dapodikmen terbaru versi 8.1.3 untuk mengupdate versi sebelumnya, versi ini untuk mengatur terkait penerapan bagi sekolah-sekolah di jenjang pendidikan menengah SMA/SMK yang menerapkan Kurikulum 2013 atau harus kembali menggunakan KTSP 2006.

Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan oleh operator Dapodikmen terkait teknis update Aplikasi Dapodikmen versi 8.1.3 adalah:

1.     Kondisi sekolah masih menggunakan Aplikasi Dapodikmen versi 8.1.0

Bagi sekolah yang masih menggunakan Aplikasi Dapodikmen versi 8.1.0, proses updatenya sebagai berikut:

a.  Download dan install UPDATER 8.1.2
b.  Pada versi 8.1.2 lakukan sinkronisasi.
c.  Download dan install UPDATER 8.1.3.

2.     Kondisi sekolah menggunakan Aplikasi Dapodikmen versi 8.1.2

Bagi sekolah yang menggunakan Aplikasi Dapodikmen versi 8.1.2, proses updatenya sebagai berikut:

a.   Lakukan sinkronisasi.
b.  Download dan install UPDATER 8.1.3

3.   Kondisi sekolah install baru / install ulang, Bagi sekolah yang menginstall baru/install ulang, maka proses updatenya sebagai berikut:

a.   Download dan install INSTALLER 8.1.0
b.  Download dan Install UPDATER 8.1.2
c.   Download prefill terbaru.
d.  Registrasi ulang
e.   Pada versi 8.1.2 lakukan sinkronisasi.
f.   Download dan install UPDATER 8.1.3.

4.  Update ke Aplikasi Dapodikmen versi 8.1.3 dapat dilakukan dengan menggunakan Kode Registrasi yang lama maupun yang baru. Diinstruksikan untuk segera menggunakan kode registrasi yang baru dengan mengikuti Prosedur Aktivasi Kode Registrasi Baru pada berita di sini : http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id.

5.     Update ke Aplikasi Dapodikmen versi 8.1.3 dapat dilakukan pada Semester Ganjil maupun Semester Genap 2014/2015.

6.   Pada Aplikasi Dapdikmen versi 8.1.3 di bagian Beranda terdapat keterangan Status Penggunaan Kurikulum 2013.

a.  Diizinkan (dengan tulisan warna hijau)

Keterangan ini akan tampil di beranda bagi sekolah yang termasuk kategori sekolah dapat melanjutkan Kurikulum 2013. Setelah update ke versi 8.1.3 maka tidak terdapat perubahan referensi kurikulum, tetap tersedia pilihan referensi kurikulum KTSP 2006 dan Kurikulum 2013. Juga tidak ada perubahan data dan dapat melanjutkan proses periodik ke semester genap 2014/2015 serta memasukkan data transaksional.

b. Belum diizinkan (dengan tulisan warna merah)

Keterangan ini akan tampil di beranda bagi sekolah yang tidak termasuk kategori sekolah dapat melanjutkan Kurikulum 2013 dan harus kembali menggunakan Kurikulum Tahun 2006. Setelah update ke versi 8.1.3 maka terdapat perubahan referensi kurikulum, hanya akan tersedia pilihan referensi kurikulum KTSP 2006.

Maka harus dilakukan penyesuaian/perubahan pada data rombel, yaitu melakukan edit data kurikulum. Jika penyesuaian/perubahan data kurikulum ini belum dilakukan, maka data rombel akan dinyatakan sebagai data invalid pada waktu proses validasi dan tidak dapat melakukan sinkronisasi.

7.     Perubahan pada prosedur Validasi dan Sinkronisasi.

Pada Aplikasi Dapodikmen versi 8.1.3 ini juga terdapat perubahan prosedur terkait validasi dan sinkronisasi. Pada versi sebelumnya ketika proses validasi dilakukan walaupun masih terdapat data yang statusnya tidak valid, proses sinkronisasi tetap dapat dilakukan. Maka pada versi 8.1.3 proses sinkronisasi dapat dilakuan jika pada proses validasi data sudah dinyatakan semua valid (invalid=0).

Untuk download/unduh updater versi terbaru aplikasi Dapodikmen di semester 2 (genap) tahun pelajaran 2014/2015 untuk jenjang SMA/SMK v.8.0.3 ini, silahkan klik di sini.

Demikian informasi tentang aplikasi Dapodikmen Terbaru v.8.0.3 yang admin share dari laman resmi Dapodikmen http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id. Semoga bermanfaat dan terimakasih…


0 comments:

Post a Comment

Demi Kemajuan Ilmu Pengetahuan tentang Sekolah Standar Nasional silahkan tinggalkan Komentar yang sifatnya membangun. Terima Kasih atas kunjungannya...