Sunday, March 1, 2015

Info Pendaftaran dan Seleksi Program Pertukaran Pelajar Tahun 2015

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Mengacu pada surat dari Yayasan Bina Antarbudaya (the Indonesian Foundation for Intercultural Learning) nomor. 15/YBA/GC-OUT/02/027 tentang Pemberitahuan Pendaftaran dan Seleksi Program Pertukaran Pelajar.

Dengan ini melalui Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mempublikasikan Program Pertukaran Pelajar yang diselenggarakan oleh Bina Antarbudaya.

Program Pertukaran Pelajar yang diselenggarakan oleh Bina Antarbudaya antara lain:

-     AFS program
-     Youth Exchange & Study (YES) program
-     AFS Intensive School Program – Denmark
-     AFS Green Academy – Germany

Pendaftaran untuk mengikuti seleksi program akan dibuka pada tanggal 1 Maret s.d. 15 April 2015, yang berlokasi di Ambon, Balikpapan, Banda Aceh, Bandung, Bangka Belitung, Banjarmasin, Bogor, Denpasar, Jakarta, Jayapura, Karawang, Kupang, Makassar, Malang, Manado, Mataram, Medan, Padang, Palangkaraya, Palembang, Pontianak, Samarinda, Semarang, Surabaya dan Yogyakarta.

3 (tiga) Tahapan Seleksi akan dilaksanakan selama bulan April s.d. Juni 2015, bertempat di lokasi masing-masing. Informasi lebih lanjut dapat mengakses pada laman berikut: www.bina-antarbudaya.or.id

Youth Exchange & Study (YES) program
Program YES sejak tahun 2003 telah mengirim lebih dari 700 siswa
Indonesia dan menerima 10 siswa dari Amerika Serikat
Kennedy-Lugar Youth Exchange and Study(YES) Program adalah program beasiswa penuh yang diberikan oleh U.S. Department of State kepada siswa SMA atau sederajat, yang bertujuan menjembatani pemahaman dan saling pengertian antara masyarakat negara-negara dengan populasi muslim yang signifikan dengan masyarakat Amerika Serikat.

Program YES telah dilaksanakan sejak tahun 2003, dan telah mengirim lebih dari 700 siswa Indonesia dan menerima 10 siswa dari Amerika Serikat.

Program YES juga membuka kesempatan bagi siswa difabel (tuna netra, tuna rungu, tuna wicara, tuna daksa) untuk mengikuti program ini. Program YES memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan. Selain itu peserta program YES diharapkan dapat menjadi duta bangsa, dengan menjembatani masyarakat Amerika Serikat untuk lebih mengenal tentang Indonesia berikut kehidupan dan kebudayaannya.

Selama program, kamu akan tinggal dengan keluarga Amerika, dan bersekolah di SMA setempat. Kamu akan mengalami dan belajar secara langsung mengenai kehidupan di Amerika Serikat.

Kamu juga akan memperoleh kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan masyarakat sekitar melalui kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh program YES. Dalam program YES ini kamu akan menjadi duta perdamalan dan persahabatan antara Indonesia dan Amerika Serikat.

Setiap tahun Bina Antarbudaya mengirimkan siswa terbaik yang berminat dan memenuhi persyaratan serta tidak mempertimbangkan perbedaan agama, ras, suku atau latar belakang sosial ekonomi ke luar negeri untuk menjadi duta muda.

Persyaratan peserta :

1.   Siswa kelas 1 di SMA/ SMK/ MA/ sederajat
2.   Untuk keberangkatan tahun 2016​ :
·      Program AFS lahir antara ​​ 01 Agustus 1998 – 01 Agustus ​  200​0 ​ dan
·      Program YES lahir antara ​​ 01 Januari 1998 – 01 Agustus 2000
3.   Mendapat persetujuan orang tua dan sekolah Warga Negara Indonesia (untuk peserta YES program: tidak memiliki passport AS, tidak dilahirkan di AS, salah satu orang tua bukan warga negara AS)
4.  Sehat fisik, mental dan spiritual (program YES memberikan kesempatan kepada siswa yang memiliki keterbatasan fisik/ difabel)
5.   Ikut serta dan lulus pada serangkaian tahap seleksi yang diadakan oleh Bina Antarbudaya.

Cara Mendaftar :

1.   Pendaftar menghubungi chapter terdekat.
2.   ​​Pendaftar membeli PIN pendaftaran di chapter terdekat klik di sini. ​
3. Mengaktivasi PIN di alamat website Pendaftaran Bina Antarbudaya: seleksi.bina-antarbudaya.or.id
4.  Setelah aktivasi PIN, mulailah mengisi Formulir Online Registration dengan teliti dan lengkap sesuai petunjuk.

Untuk informasi lebih lanjut hubungi Contact Person Pendaftaran di chapter pada laman http://afsindonesia.org. Semoga bermanfaat dan terimakasih….

Sumber Referensi artikel & gambar : http://psma.kemdikbud.go.iddan http://afsindonesia.org.

0 comments:

Post a Comment

Demi Kemajuan Ilmu Pengetahuan tentang Sekolah Standar Nasional silahkan tinggalkan Komentar yang sifatnya membangun. Terima Kasih atas kunjungannya...